HEADLINE NEWS

Pengembang dan Perbankan Dorong Milenial Punya Hunian

Hunian bagi Milenial

Anastasia Retno Pratiwi, head Secured Lending Business MayBank (kiri) bersama Alvin Andronicus, Chief Marketing Office Elevee Condominium (kanan), dalam acara Elevee Media Talk, dengan tema “Membangun Kesadaran Milenial Memiliki Tempat Tinggal”, di Alam Sutera, Tangerang, Senin (17/07/23).

INDONESIAHOUSING.ID, Tangerang— Potensi pasar milenial di Tanah Air cukup tinggi. Betapa tidak, dari total 275 juta jiwa masyarakat Indonesia, 25% adalah usia produktif dengan rentang usia 22 hingga 39 tahun. Sebanyak 15 juta jiwa milenial tersebut berdomisili di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) dengan pendapatan yang berbeda-beda.

Generasi ini memiliki kebiasaan berbeda, dimana unsur lifestyle menjadi bagian kehidupan milenial. Mulai dari travelling, kongkow, belanja hingga menggunakan produk teknologi seperti handphone terkini tanpa memikirkan memiliki properti. Kebanyaka dari mereka lebih memiliki untuk menyewa rumah, apartemen dan juga tinggal bersama keluarga.

Baca Juga: Mudahkan Milenial Miliki Rumah, Sembawang Aparthouse Jalin Kerjasama dengan J Trust Bank

Alvin Andronicus, Chief Marketing Office Elevee Condominium menyatakan, masyarakat dan khususnya generasi milenial harus diberikan pemahaman memiliki future plan, setelah berkeluarga dan memiliki anak selanjutnya adalah tempat tinggal yang nyaman.

“Generasi milenial yang sudah mature adalah mereka yang berusia 27 tahun ke atas. Dan sudah seharusnya mengerti, diarahkan kemana uang yang didapatkan dari bekerja, usaha dan lainnya, paling tepat adalah membeli properti,” jelas Alvin Andronicus dalam acara Elevee Media Talk yang diadakan di Alam Sutera, Tangerang, Banten (17/07/2023).

Baca Juga: Milenial Juga Bisa Kok Punya Rumah, Begini Caranya!

Menurutnya lagi, investasi properti seperti tempat tinggal memiliki karakter berbeda dibanding investasi lainnya, berubah dan selalu naik nilainya.“Kesadaran ini harus terus ditumbuhkan karena memiliki properti ataupun hunian sama saja sedang berinvestasi. Slain itu saat ini perbankan pun memberikan kemudahan untuk pembiayaan bagi mereka,” tegas Alvin Andronicus.

Anastasia Retno Pratiwi head, Secured Lending Business MayBank menegaskan bahwa perbankan saat ini melihat generasi milenial adalah pasar potensial. Ini dibuktikan dengan pencapaian kredit pembiayaan di segmen hunian sejak 2,5 tahun terakhir didominasi milenial.

“Jumlah nasabah KPR/A dari generasi milenial mencapai 53% dengan rentang usia antara 27 tahun hingga 40 tahun,” jelas Anastasia Retno Pratiwi.

Baca Juga: Punya Potensi Besar, BTN Bidik 5,8 Juta Generasi Milenial

Ia pun menambahkan bahwa pencapaian positif dari pembiayaan KPR/A ini dengan nilai outstanding sebesar Rp15,9 triliun. Namun Ananstasia Rertno Pratiwi tak menampik banyak juga calon nasabah MayBank yang gagal dalam pengajuan pembiayaan properti ataupun hunian karena bermasalah dalam urusan BI checking, terutama karena urusan  keterlambatan dalam pembayaran kartu kredit.

Untuk mendorong pembiayaan properti bagi pasar yang sangat besar ini, MayBank memberikan kemudahan pada generasi milenial  dengan jangka waktu kredit yang panjang hingga 30 tahun. “Selain uang muka hanya 5%, MayBank juga memberikan penawaran bunga fixed selama 20 tahun dengan pola fixed 10 tahun pertama bunga sebesar 7% dan 10 tahun kedua dengan bunga 9,55%,” tegas Anastasia Retno Pratiwi.

Alvin Andronicus mengakui, saat ini perbankan sangat kompetitif dalam menawarkan pembiayaan KPR atau pun KPA dengan memberikan kemudahan-kemudahan dalam pembayarannya. Diakui, cara bayar yang memudahkan ini tentunya akan diminati oleh generasi milenial yang menurut Alvin memiliki banyak kebutuhan yang bersifat lifestyle, sehingga kebutuhan primer yang juga memiliki karakter investasi ini juga bisa terpenuhi.

Baca Juga: Milenial Sulit Punya Rumah? Begini Lho Solusi dari Synthesis Huis

“Namun, yang harus diperhatikan oleh generasi milenial dalam memilih produk properti adalah memilih produk yang tepat, agar nilainya terkerek naik. Idealnya dalam 5 tahun ke depan nilainya akan lebih bagus dan memberikan keuntungan. Ini penting, dan ini harus disadari oleh milenial, membeli properti sama saja berinvestasi,” papar Alvin Andronicus.

Menurutnya, saat ini membeli produk properti maka milenial juga harus jeli dan cermat. “Maka memiliki produk yang sedang sunrise adalah pilihannya, contohnya di dalam proyek tersebut sudah ada aktivitas kehidupan dan juga dilengkapi fasilitas penunjang. Jika ada faktor ini maka transaksi investasi nilainya akan terkerek naik. Seperti di Elevee Condominium ini, berada di kawasan skala kota yang aktivitasnya sudah tumbuh dan berkembang dengan segala fasilitas penunjangnya,” pungkas Alvin Andronicus. (zh1).

Redaksi@indonesiahousing.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *